Surat Pernyataan Terlambat Masuk Kelas


Alasan Dibutuhkannya Surat Pernyataan Terlambat Masuk Kelas



Surat pernyataan terlambat masuk kelas dibutuhkan untuk memberikan penjelasan tentang alasan keterlambatan siswa kepada pihak sekolah. Dengan adanya surat ini, pihak sekolah dapat memahami alasan keterlambatan siswa serta dapat mengambil tindakan yang tepat untuk membantu siswa agar dapat mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran.


Cara Membuat Surat Pernyataan Terlambat Masuk Kelas



Berikut ini adalah cara membuat surat pernyataan terlambat masuk kelas:
1. Membuat format surat dengan menyebutkan nama sekolah, alamat, nomor telepon, dan tanggal pembuatan surat.
2. Menyebutkan identitas siswa yang terlambat masuk kelas, yaitu nama lengkap, kelas, dan alasan keterlambatan.
3. Menjelaskan secara singkat alasan keterlambatan siswa serta memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci.
4. Menyatakan permohonan maaf atas keterlambatan dan memberikan jaminan bahwa siswa akan berusaha untuk mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran.
5. Menandatangani surat dan mencantumkan stempel sekolah (jika ada) serta menyertakan fotokopi dokumen yang mendukung alasan keterlambatan.


Contoh Surat Pernyataan Terlambat Masuk Kelas



Berikut ini adalah contoh surat pernyataan terlambat masuk kelas:
Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Ahmad
Kelas: XI IPA 1
Alasan keterlambatan: sakit
Dengan ini menyatakan bahwa saya terlambat masuk kelas pada hari Senin, 17 Juli 2023 karena sakit. Saya mengalami demam tinggi dan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.
Saya memohon maaf atas keterlambatan ini dan saya akan berusaha untuk mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran. Saya juga bersedia untuk mengikuti ulangan tambahan jika diperlukan.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat saya,
Ahmad


Kesimpulan



Surat pernyataan terlambat masuk kelas adalah surat yang dibuat untuk memberikan penjelasan tentang keterlambatan siswa dalam memulai kegiatan belajar mengajar di kelas. Surat ini dibutuhkan untuk memberikan alasan keterlambatan siswa kepada pihak sekolah dan membantu siswa agar dapat mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran. Dalam membuat surat pernyataan terlambat masuk kelas, penting untuk mengikuti format yang benar dan memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci tentang alasan keterlambatan.

close